Landeslager 2012 (kemah di Jerman)

Siswa BMD Kemah di Jerman

foto bersama pramuka luxemburg seragam pramuka jerman

 

kemah di jerman BMD

 

 

 

 

 
Salam pramuka…!
17 siswa SMP-SMA Budi Mulia Dua mengikuti kegiatan yang bertajuk Regional Scout Camp 2012 yang diadakan di Memmingen, Algau, Germany. Pada tanggal 1-10 Agustus 2012. Kegiatan ini di ikuti oleh negara-negara tiga benua, yaitu Benua Asia, benua Afrika dan Benua Eropa. BMD patut berbangga, karena SMP-SMA Budi Mulia Dua adalah satu-satunya peserta dari Indonesia, dan bergabung dengan negara lainnya seperti

Negara Zimbabwe, Irlandia Utara, Luxemburg, Malta, Israel, Italia, Wales, England dan tentu saja Negara Jerman sebagai tuan rumah. Kegiatan ini diikuti oleh 1000 orang dan 800 orang diantaranya berasal dari Jerman itu sendiri.
Perjuangan mengikuti perkemahan di Jerman begitu luar biasa, karena di tempuh dengan perjalanan yang memakan waktu 21 Jam, dari Yogyakarta sampai ke lokasi perkemahan. Belum lagi cuaca di Jerman yang bertepatan dengan musim panas, namun kisaran suhunya antara 8 – 28 derajat. Dan yang lebih special lagi kegiatan tersebut bertepatan dengan Bulan Ramadhan (Puasa). Kita umat Islam di Indonesia berpuasa kurang lebih 14 jam, tetapi saat itu di Jerman kita berpuasa sampai 18 Jam.
Kegiatan perkemahan di Jerman selama 10 hari diantaranya adalah Walk-In Program (kegiatan pos) jadi peserta perkemahan mendapat buku saku untuk panduan selama berkemah. Walk-In ini dilakukan selama tiga hari, hari pertama dengan tema binatang Mirkat sebagai yang merepresentasikan nilai-nilai sport, kreatifitas dan seni dari diantara kegiatannya adalah menganyam dan membuat permainan yang membutuhkan ketekunan Hari kedua dengan tema Rusa yang merepresentasikan nilai-nilai politik, budaya, dan tanggung jawab dan hari ketiga dengan teman binatang Pinguin yang mereprsentasikan nilai-nilai spiritual dan sosial. Setelah mengikuti kegiatan pos tersebut kita akan mendapatkan satu stiker, dan satu tema binatang kita harus mendapatkan lima stiker jadi selama tiga hari minimal kita harus mendapatkan 15 stiker untuk ditukar dengan badge tanda keikutsertaan. Kegiatan yang tidak kalah menariknya adalah workshop, yaitu kegiatan yang diberikan kepada seluruh peserta (negara) menyiapkan kegiatan untuk berbagi ilmu. Pramuka BMD menampilkan workshop (praktik membuat) batik celup. Dari pantaun kami workshop yang kami lakukan adalah workshop yang paling ramai diantara workshop lainnya. Saat pentas seni Tim BMD juga menampilkan tar Tor-tor, sedangkan kegiatan lainnya adalah kanoing, mountenering, berenang dan berkunjung ke kota Munchen salah satu pusat kota di Jerman.
Selama kegiatan di Jerman tentu saja ada hal-hal yang unik yang ditemui. Bentuk tenda di Jerman berbeda dengan tenda di Indonesia, bentuknya bulat lonjong ke atas. Tentu saja ini dibuat karena cuaca yang berbeda, dan kalau musim dingin didalam tenda kita bisa membuat perapian untuk menghangatkan badan. Seragam pramuka disana juga lebih terlihat fleksibel yang pasti hasduk adalah ciri utama seorang pramuka, jadi kemana-mana bisa dipakai walaupun tidak dengan seragam (baju) pramuka. Pemakain tanda (badge) peletakkannya fleksibel bisa di bagian belakang, samping, depan baju seragam. kalaupun seragam lengkap biasanya hasduk, baju seragam dan bawahnnya bebas. Saat mengikuti upacara penutupan dan pembukaan juga terlihat santai kegiatanya berkumpul, duduk, dan bernyanyi. Dalam satu grup (kelompok) terdiri dari usia yang bervariasi, Kakak ibaratkan satu kelompok itu terdiri dari siswa SD-SMP-SMA dengan tugas-tugas yang berbeda pula. Untuk membedakan usia peserta, dibawah 17 tahun memakai gelang berwarna hijau sedangkan usia 17 tahun keatas menggunakan warna orange.
Perjalanan yang tidak sia-sia, banyak hal yang bias kita ambil sebagai referensi kemajuan pramuka Budi Mulia Dua dan Pramuka Indonesia.

Penulis: Ansorih, S.H.I.
• Peserta Regional Scout Camp 2012

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s