Pengalaman Puasa di Jerman

 

Puasa… bulan yang kunanti-nanti akhirnya datang juga…ada kenangan yang masih Mr. Ingat tentang puasa. Ada yang tahu kira-kira berapa lama kita berpuasa? 13-14 jam ? ya betul rata-rata kita berpuasa di Indonesia 13-14 jam. Apakah itu juga berlaku bagi negara lain juga? Tidak tentu. Mr. Akan sedikit bercerita tentang pengalaman Mr. berpuasa di negara Jerman (bukan jejer Kauman loh) tapi negara Jerman di Benua Eropa.
Tepatnya tanggal 1-10 Agustus 2012. Mr. Diberi tugas oleh BMD untuk mendampingi kakak-kakak kalian siswa SMP-SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta mengikuti Perkemahan Internasional di Jerman, Kegiatannya bernama Regional Scout Camp 2012 yang diadakan di Memmingen, Algau, Germany .
Pada saat itu kebetulan saat musim panas dan bertepatan dengan bulan puasa juga. Dari 10 hari itu Mr. Tidak puasa terus karena perjalanan yang panjang yang memakan waktu kurang lebih 20-21 jam. Suatu hari Mr. Ingin mencoba berpuasa di Jerman. Kenapa Mr.mencoba berpuasa? karena puasa di Jerman bisa mencapai 18 jam padahal di Indonesia hanya 14 jam.
Pagi jam 3 Mr. bangun untuk makan sahur, karena Mr. tinggal di perkemahan (bukan hotel) Mr. hanya makan nasi putih dan lauk seadanya. Mr. kaget, karena nasi yang Mr. makan seperti nasi yang baru keluar dari kulkas (dingin sekali) padahal itu musim panas loh…Mr.pun terpaksa memakannya, karena tidak ada makanan lain dan agar mendapat kesunnahan berpuasa. Jam 4 waktu subuh saatnya menahan diri untuk berpuasa. Kalau melihat 18 jam berpuasa, kita akan terasa berat tetapi suasana dan cuaca di sana pada saat itu berkisar 8-20 derajat jadi meskipun musim panas sungguh tidak merasa kepanasan dan tidak terlalu kehausan bahkan kita lari-laripun sulit keluar keringat. Sampailah waktu berbuka tiba kurang lebih jam 9 malam (waktu magrib). Alhamdulillah…akhirnya buka juga. Ternyata walapun puasa di sana waktunya lebih lama, tetapi rasanya hampir sama dengan puasa di Indonesia. Tidak seperti yang Mr. kira…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s